Rabu, 25 Mei 2011

Geodatabase (Database Berbasis GIS)


Basis data (database) adalah sekumpulan logis dari informasi yang saling terkait yang dikelola dan disimpan sebagai satu kesatuan. Basis data GIS (Geodatabase) umumnya mencangkup lokasi spatial dan bentuk dari feature yang disimpan dalam bentuk titik, garis, polygon, pixel/grid/cell atau TIN (Triangulated Irregular Network) lengkap dengan data atributnya.


Dalam pengertian lain, database juga merupakan himpunan atau kumpulan data atau file yang saling berhubungan yang disimpan dalam satu media (elektronik) secara terorganisir, sehingga dapat diakses dengan mudah dan cepat. Jadi geodatabase merupakan database tentang data geografis.


Agar database dapat diakses dengan mudah dan cepat, maka database yang dibuat harus mempunyai struktur basis data yang kompak, struktur table efisien dan sistematis, space (memori) penyimpanan yang kompak, ukuran table efisien untuk mempercepat proses pengolahan, sedikit/tidak ada pengulangan, dan tidak ada ambiguitas data dari semua table yang ada. Atau secara umum dapat disebut geodatabase (database berbasis GIS).

1 komentar:

  1. Bagaimana cara membuat aplikasi pemetaan geodatabase?

    BalasHapus