Selasa, 10 Mei 2011

ArcCatalog pada ArcGIS

Saat kita menggunakan Arc View, terkadang kita mengalami kesulitan untuk mencari, mengatur, membagi dan menyimpan data-data GIS. Namun kini ESRI mengembangkan tools baru pada ArcGIS yang fungsinya mirip-mirip windows explorer. Buat sobat-sobat yang masih newbie seperti saya, silahkan baca juga deskripsi GIS disini.

Balik lagi ke bahasan kita mengenai tools baru tersebut. ArcCatalog adalah tool baru yang terdapat pada ArcGIS untuk mencari (browsing), mengatur (organizing), membagi (distribution) dan menyimpan (documentation) data-data GIS. Gampangnya, ArcCatalog ini berfungsi sama seperti windows explorer, sehingga kita akan lebih mudah untuk mengorganisir data-data GIS. Berikut cara pengoperasian ArcCatalog pada ArcGIS.

Aktifkan ArcCatalog dengan cara Start > Program > ArcGis > ArcCatalog
Lalu untuk connecting data, klik icon connect to folder lalu pilih data yang kita inginkan

Kemudian untuk viewing data, pilih lokasi data GIS yang disimpan, lalu pada windows akan terdapat 3 pilihan yaitu contents, preview dan metadata.
Contents merupakan petunjuk dan keterangan yang mendeskripsikan lokasi data GIS yang ingin kita tampilkan. Pada contents cari icon untuk melihat tampilan data dalam bentuk large icon, list, details, dan thumbnails.



Antara data yang berupa polygon, garis maupun titik memiliki icon yang berbeda-beda

Sedangkan pilihan preview adalah untuk melihat tampilan data yang dimaksut.

Pada sisi bawah pilihan preview jg terdapat 2 option pilihan tampilan yaitu geography dan table.

Dan pilihan terakhir yaitu metadata adalah deskripsi detail tentang data yang kita tampilkan termasuk sistem koordinat yang digunakan.   
Sistem Koordinat Peta
Untuk melihat sistem koordinat pada features gunakan klik kanan pada data yang kita kehendaki.
Pilih properties, maka akan muncul kotak dialog shapefile properties, pilih fields dan tekan shape, maka pada keterangan field properties ada items spatial preference yang menandai sistem koordinat yang kita gunakan.

Untuk data-data yang tidak langsung di buat pada ArcGIS, biasanya ArcGIS menghendaki kita untuk memberikan sistem koordinat yang telah ada. Untuk itu kita perlu mendefinisi kembali sistem koordinatnya. Caranya yaitu pada keluar kotak dialog shapefile properties, pilih shape, lalu pilih spatial reference, lalu klik tanda …

lalu pada kotak dialog berikutnya pilih select.

Selanjutnya akan keluar kotak dialog browse for coordinate systems. Jika sobat memilih Geographic Coordinat Systems maka satuan unitnya adalah degree, namun apabila sobat memilih Pojected Coordinat Systems maka satuan unitnya adalah meter (koordinat UTM). Baca juga mengenai Sistem Proyeksi Koordinat UTM (Universal Transverse Mercator) 




 

4 komentar:

  1. terimaksih tutorial nya kak , sangat membantu saya nanti kalo saya sudah ada waktu pingin saya coba biar dapat mengetahui hasilnya .
    kunjungi blog saya

    http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    Dan kunjungi juga website kamus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. penjelasannya sangat mudah dimengerti,terima kasih kak atas penjelasan tentang materi GIS nya
    jangan lupa kunjungi website saya Zia Amalia

    Dan Website Kampus Saya Kampus Atma Luhur Pangkalpinang

    BalasHapus
  3. Terimaksi banyak atas tutorial yang di berikan karna sangat membantu kami sebagai mahasiswa.... di tunggu tutorial selanjunya
    Kunjungi juga blog saya di https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/uncyber/
    dan Website Universitas saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. sore gan
    artikel nya sangat jelas dan mudah dipahami dan mohon ijin gan saya share blog nya ke temen" saya mengenai ArcCatalog ini..
    monggo kunjungi juga blog saya : https://martha.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website universitas saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus