Sabtu, 22 Maret 2014

MOBILE GIS

Aplikasi Navigasi adalah interaksi beberapa komponen yang menunjukkan hubungan ruang dalam bentuk atribut tunggal atau hubungan atribut dengan petunjuk arah jalan. Aplikasi Navigasi memperlihatkan informasi kualitatif dan atau kuantitatif pada unsur tertentu. Pada peta navigasi, keterangan disajikan dengan gambar memakai pernyataan dan simbol-simbol yang mempunyai tema tertentu atau kumpulan dari tema-tema yang ada hubungannya antara satu dengan lainnya disertai dengan simbol petunjuk arah.
Maka dari itu peta navigasi ialah peta yang menunjukkan hubungan antara atribut dengan petunjuk arah dalam suatu komputerisasi sistem informasi geografi terkait dengan penyajian peta dalam beberapa tema yang disesuaikan dengan tujuan pembuatan peta.

Mobile GIS merupakan integrasi antara tiga teknologi, yaitu perangkat lunak GIS, teknologi Global Positioning System (GPS), dan perangkat alat komunikasi genggam. Teknologi tersebut membuat basis data yang dapat diakses oleh personil di lapangan secara langsung di segala tempat dan waktu. Sistem ini dapat menambah informasi secara real-time ke basis data dan aplikasinya dalam hal kecepatan akses, tampilan, dan penentuan keputusan.

Mobile GIS adalah perpaduan dari teknologi GIS, Mobile hardware dengan perangkat lunaknya, Global Positioniong System (GPS) dan komunikasi wireless untuk akses ke internet GIS. Mobile GIS menawarkan fleksibilitas yang besar, memungkinkan pengguna memperoleh hasil secara cepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Mobile GIS menyediakan akses data dari segala tempat dan di kapanpun keberadaan pengguna.

Adapun beberapa komponen yang bergabung membentuk mobile GIS, yaitu mobile client, jaringan tanpa kabel, dan server. Mobile client berupa perekam data posisi misalnya GPS, yang mana pergerakan mobile dengan GPS yang diperoleh dan dengan GSM dapat mengirimkan posisi geografis ke smartphone yang dengan dilengkapi GPS. Smartphone tersebut dapat menunjukkan peta digital beserta koordinatnya dengan mengkomunikasikan ke server melalui jaringan tanpa kabel. Jaringan tersebut dapat melalui Global System for Mobile Communication (GSM), General Pocket Radio System (GPRS), yang mendukung transmisi digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar