Senin, 17 Maret 2014

GIS Untuk Perbankan 2 (Lanjutan GIS Untuk Perbankan 1)

Dalam postingan berikut ini, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai penerapan GIS untuk perbankan (Lihat juga GIS Untuk Perbankan 1). Ada banyak sisi dimana GIS dapat berguna bagi bank untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan pelanggan. Dengan GIS, produktivitas bank akan meningkat dan juga pengambilan keputusan pekerjaan menjadi sangat mudah dan akurat.



•    Keputusan tentang pembentukan ATM booth.
Setiap bank berusaha untuk memberikan layanan kepada pelanggan rumah atau kantor. ATM adalah salah satu jenis layanannya. Tetapi untuk menyediakan mesin ATM pada sebuah kawasan, bank telah memikirkan berbagai masalah tata ruang komersial seperti lahan, konsentrasi kartu debet/kartu kredit dari suatu daerah, rute untuk mengambil uang di ATM booth dll, semua ini dapat dilakukan mudah menggunakan GIS.

•    Lokasi nasabah
Bank sekarang banyak menghabiskan uang untuk menemukan nasabah. Mereka berkomunikasi dengan klien secara berkala. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan GIS, dan sebagai pengambil pinjaman atau klien dapat dengan mudah dikenali di peta. Dan untuk hal ini, data yang dibutuhkan adalah :
-    Alamat nasabah sekarang
-    Jarak dari cabang dan rute ke alamat nasabah, dll

•    Rute dari mobil pengiriman untuk memberikan uang ke ATM booth/cabang.
Bank harus menganalisis dengan teliti untuk memilih rute pengiriman dari mobil pengiriman untuk mengambil uang ke ATM booths. Mereka harus berpikir tentang keamanan. Dalam GIS, mereka dapat melakukannya dengan mudah membuat topologi jaringan jalan yang ada dan memilih rute yang terbaik untuk mengambil uang.

Simak lanjutannya di GIS Untuk Perbankan 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar