Minggu, 04 September 2011

Penerapan GIS Dalam Organisasi/Perusahaan/Instansi

Ketemu lagi dengan postingan terbaru saya...  Masih bertema GIS. Kali ini saya mengutip tulisan dari Dr. Roger Tomlinson bahwasanya ada hal-hal yang harus dilaksanakan agar penerapan GIS  dalam organisasi/perusahaan/instansi anda bisa berjalan maksimal.
Berikut adalah rangkuman langkah2 yang harus dilaksanakan dalam penerapan GIS dalam organisasi/perusahaan/instansi anda (Tomlinson, 2003).
  1. Pertimbangkan tujuan strategis dari perusahaan anda. Sistem GIS harus sejalan dengan strategi organisasi secara keseluruhan.
  2. Perencaanaan matang. Prosess perencanaan GIS akan memerlukan pemikiran dan waktu yang lama sehingga diperlukan persetujuan dan backing dari pihak atasan.
  3. Melaksanakan seminar teknologi. Seminar GIS ini sangat diperlukan untuk mensosialisasikan dan mendapatkan masukan dan diikuti oleh ahli GIS (staff yang mengerti), pimpinan tiap departement/divisi, perwakilan pemerintah local.
  4. Deskripsikan data yang diperlukan dan informasi apa yang akan diproduksi. Dari seminar tersebut akan diperoleh gambaran kasar mengenai macam informasi dan divisi yang memerlukan. Kemudian dianalisis berdasarkan prioritas tiap2 informasi.
  5. Menentukan skope dari system: data (scale), hardware, software, timing.
  6. Menentukan design data: resolusi, proyeksi peta, toleransi kesalahan, standard, konvarsi,
  7. Menentukan model data logic: relasional, object-oriented, object-relational.
  8. Menentukan system requirenments: interface, network communication, data transfer rate.
  9. Benefit-cost, migration, and risk analysis: identifikasi biaya pertahun, perhitungan keuntungan tiap tahun, perhitungan rasio benefit-cost. 
  10. Implementasi: organisasi, legal, sytem integration, recruitment staff dan training.

1 komentar: